15 Januari 2018 Pendaftaran Beasiswa Bidikmisi Dibuka Berikut Panduan Lengkapnya

   
   
 
Beasiswa Bidikmisi ialah bantuan biaya hidup dan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu yang mempunyai potensi akademik unggul, Beasiswa Bidikmisi ialah bantuan biaya pendidikan dan biaya hidup yang diberikan oleh pemerintah melalui Ristek DIKTI untuk membantu calon mahasiswa baru yang berasal dari keluarga kurang mampu dari segi ekonomi serta memiliki potensi akademik yang unggul sebagai jaminan bahwa calon mahasiswa tersebut nantinya dapat menyelesaikan pendidikan di Perguruan Tinggi dengan tepat waktu.

Beasiswa Bidikmisi terdiri dari beberapa jalur, diantaranya ialah Beasiswa Bidikmisi jalur SNMPTN, SBMPTN, PMDK-PN, UMPN, Beasiswa Bidikmisi jalur mandiri PTN, dan Beasiswa Bidikmisi jalur mandiri PTS, Beasiswa Bidikmisi UT, dan Beasiswa Bidikmisi ISI.

Untuk mendapatkan Beasiswa Bidikmisi, terlebih dahulu kamu harus dinyatakan lulus seleksi jalur SNMPTN, SBMPTN, PMDK-PN, UT, ISI, atau Beasiswa Bidikmisi PTS. Jika kamu sudah lulus melalui salah satu jalur seleksi tersebut, maka kamu memiliki peluang yang besar untuk bisa mendapatkan Beasiswa Bidikmisi.

Untuk bisa mendapatkan Beasiswa Bidikmisi, pertama kalinya kamu harus bisa memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh panitia Beasiswa Bidikmisi, beberapa persyaratan Beasiswa Bidikmisi akan dijelaskan sebagai berikut.

A. Persyaratan Pendaftaran Online Beasiswa Bidikmisi
  1. Siswa SMA/SMK/MA atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2018
  2. Lulusan tahun 2017 yang bukan penerima Beasiswa Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing- masing perguruan tinggi;
  3. Usia paling tinggi pada saat mendaftar ialah 21 tahun
  4. Tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria:Siswa penerima Beasiswa Siswa Miskin (BSM) atau Pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau PKH, KKS.

Pendaftaran  Beasiswa Bidikmisi dapat dilakukan secara online, Pendaftaran Beasiswa Bidikmisi online ini diawali Sekolah yang mendaftarkan siswanya, kemudian siswa melanjutkan dengan pendaftaran online secara mandiri. Langkah-langkah pendaftaran online Beasiswa Bidikmisi dijelaskan berikut ini.

Tata Cara Pendaftaran Online Beasiswa Bidikmisi Oleh Sekolah
  1. Sekolah mendaftarkan diri sebagai instansi pemberi rekomendasi kepada peserta Beasiswa Bidikmisi melalui
  2. laman http://Beasiswa Bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/sekolah/
  3. Pada halaman yang sudah kamu buka, muncul 2 pilihan, yaitu fitur untuk sekolah yang sudah mendaftar dan mendapatkan akun dan juga fitur untuk sekolah yang belum pernah mendaftar Beasiswa Bidikmisi.
  4. Jika     sekolah     kamu     pernah     mendaftar     dan mempunyai akun Beasiswa Bidikmisi, langsung saja login dengan memilih fitur "sudah terdaftar".
  5. Jika Sekolah kamu belum pernah mendaftar
  6. Beasiswa Bidikmisi sebelumnya, Pilih fitur"belum terdaftar".
  7. Bagi sekolah yang belum memiliki akun Beasiswa Bidikmisi, maka terlebih dahulu melakukan pengisian data sekolah dengan melampirkan hasil scan beberapa berkas pendaftaran berupa identitas dan prestasi sekolah untuk mendapatkan nomor Kode Akses Sekolah.
  8. Ditjen  Belmawa  akan memverifikasi  pendaftaran  dalam kurun  waktu  1  x  24  jam.
  9. Sesudah diverifikasi, Sekolah bisa melakukan login pendaftaran ke     alamat     Beasiswa Bidikmisi  di    http://Beasiswa Bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/sekolah/ menggunakan NPSN dan Kode Akses Sekolah dengan memilih fitur "sudah terdaftar" untuk merekomendasikan  masing-masing  peserta Beasiswa Bidikmisi.
  10. Sesudah mendaftarkan peserta Beasiswa Bidikmisi, Sekolah akan mendapatkan nomor pendaftaran dan kode akses untuk masing masing siswa peserta Beasiswa Bidikmisi yang sudah direkomendasikan
  11. Berikan nomor pendaftaran dan kode akses tersebut kepada peserta Beasiswa Bidikmisi
  12. Selanjutnya siswa peserta Beasiswa Bidikmisi melakukan pendaftaran online Beasiswa Bidikmisi.
B. Tata Cara Pendaftaran Online Beasiswa Bidikmisi Oleh Siswa
  1. Calon peserta membuka situs resmi pendaftaran Beasiswa Bidikmisi untuk     siswa,     yaitu
  2. http://Beasiswa Bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/siswa/
  3. Login menggunakan nomor pendaftaran dan kode akses siswa yang sudah didapatkan dari sekolah
  4. Kemudian peserta Beasiswa Bidikmisi mengisi biodata diri dengan lengkap dan benar.
  5. Jika sudah selesai dan sesuai dengan identitas diri kamu, cetaklah kartu tkamu peserta Beasiswa Bidikmisi.
  6. Siswa yang sudah melakukan pendaftaran Beasiswa Bidikmisi, kemudian mendaftarkan diri mengikuti seleksi jalur nasional atau jalur mandiri sebagai salah satu syarat Beasiswa Bidikmisi, yaitu mengikuti Beasiswa Bidikmisi SNMPTN, Beasiswa Bidikmisi PMDK-PN, Beasiswa Bidikmisi SBMPTN, Beasiswa Bidikmisi jalur Mandiri PTN, atau Beasiswa Bidikmisi jalur Mandiri PTS.
  7. Baca selengkapnya pada artikel : Petunjuk Pendaftaran Beasiswa Bidikmisi
  8. Sesudah menyelesaikan tahap pendaftaran online di atas, dan dinyatakan lulus jalur seleksi yang diikuti. kemudian panitia Beasiswa Bidikmisi akan melakukan seleksi tahap selanjutnya, biasanya mereka kamu melakukan survey dengan datang langsung ke rumah kamu. Kemudian   panitia     akan     menentukan     apakan     kamu     berhak mendapatkan Beasiswa Bidikmisi atau tidak.
C. Jadwal Pendaftaran Beasiswa Bidikmisi 2017

Beasiswa Bidikmisi dilaksanakan untuk membantu calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi. Agar bisa mendapatkannya, maka kamu harus melakukan pendaftaran sesuai dengan jadwal pelaksanaan berikut ini :


Semoga Bermanfaat

Sumber Artikel : https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/

0 Response to "15 Januari 2018 Pendaftaran Beasiswa Bidikmisi Dibuka Berikut Panduan Lengkapnya"

Post a Comment